Tugas Filsafat Ilmu Minggu 3 Kelas A

 

TUGAS MINGGUAN III

FILSAFAT ILMU

Dosen pengampu : Dr. R. SALLY MARISA SIHOMBING, S.IP., M.Si

DISUSUN OLEH :

JAYA SETYO AJI

(193020702017)

 

          Tugas :

          Membuat ladder Abstraction

            Pembahasan:

Ladder abstraction

            Didalam pemahaman ladder abstraction atau tangga abstraksi merupakan sistem logis untuk menemukan atau menghubungkan tingkatan wacana berupa filosofis, teoritis, dan empiris. Kegunaan tangga asbtraksi bagi peneliti membuat data yang diteliti bersifat luas tersebut dapat membuka pintu topik riset yang potensial, karena memungkinkan diturunkannya ladder of abstraction untuk pengembangan proposisi yang berbeda.

            Disini saya akan memberikan contoh Ladder Abstraction dari sebuah kasus berupa “Pengaruh perubahan jam pegawai terhadap kegiatan administrasi Di Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Palangkaraya Selama Pandemi”. Untuk mendapatkan variabel – variabel abstrak saya menggunakan wawancara dan menggunakan metode kualitatif dalam menganalisis hasil wawancara agar mendapatkan variabel abstrak yang sering muncul untuk dijadikan Ladder Abstraction.

   

Dari kasus ladder abstraction mengenai “Pengaruh perubahan jam pegawai terhadap kegiatan administrasi Di Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Palangkaraya Selama Pandemi” diatas. Dapat kita simpulkan konsep dari tangga abstraksi tersebut, muncul gambaran yang dari spesifik menjadi luas. Artinya kegunaan dari Ladder abstraction membuat peneliti dalam melakukan suatu kajian dapat memperkirakan variable apa saja yang bisa muncul dalam abstrak tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

·      Eus Soliha, 2011, KETERKAITAN TEORI DAN RISET EMPIRIS: SUATU PENDEKATAN THEORY-SETTING-TESTABLE HYPOTHESIS MODEL,Vol 14 No 2, Halaman 40.

 

 

LAMPIRAN

 

Foto saat wawancara pengambilan kasus untuk Ladder Abstraction

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Filsafat Ilmu I

Tugas 1 Mingguan filsafat Ilmu

Review Buku Filsafat Ilmu II